WELCOME TO SUMBAR HOLIDAY

  Propinsi Sumatera Barat yang terletak di pesisir barat Pantai Sumatera adalah suatu daerah dengan potensi pariwisata dan budaya yang sangat besar. Keindahan alam Sumatera Barat adalah suatu suguhan yang tidak akan dilewatkan oleh siapapun yang datang ke daerah ini. Hampir semua daerah Kabupaten/Kota di wilayah seluas 42.297,30 km² ini memiliki potensi pariwisata lokal yang khas.

Di semua wilayah pesisir di sepanjang pantai Barat Propinsi Sumatera Barat dikelola sebagai destinasi wisata alam, mulai dari Pantai Carocok,pulau cingkuak di Pesisir Selatan (di mana dilaksanakan atraksi Festival Langkisau setiap tahunnya), Pantai Padang, Pantai Arta dan Pantai Gondordiah (tempat pelaksanaan Perayaan Tabuik) di Kabupaten Padang Pariaman, hingga Pantai Sasak di Kabupaten Pasaman Barat. Belum lagi Pulau Mentawai yang merupakan adalah surga bagi para peselancar mancanegara, Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Danau Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah di Kabupaten Solok.

Sumatera Barat juga dikenal dengan kebudayaan Minangkabau yang khas, dengan sistem kebudayaan matrilinial yang hanya ada 2 di dunia. Tentunya, di daerah ini terdapat banyak objek wisata cagar budaya yang memperkaya khasanah kebudayaan nusantara. Cagar budaya Istano Basa Pagaruyung, Batu Basurek, Batu Batikam, Batu ampek angkek, dan Nagari Tuo Pariangan di Kabupaten Tanah Datar adalah beberapa bukti yang menunjukkan kejayaan Minangkabau di masa lalu.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUMBAR HOLIDAY